Belajar Kode Script PHP

Untuk menulis script PHP, kita bisa menggunakan tags berikut ini:

Cara 1:

<?PHP

di sini baris-baris script Anda.

?>

Cara 2:

<?

di sini baris-baris script Anda

?>

Cara 3:

<Script Language=”PHP”>

di sini baris-baris script Anda

</Script>

Cara 4:

<%

di sini baris-baris script Anda

%>

Cara pertama merupakan format yang dianjurkan tetapi mungkin cara yang kedua lebih sering digunakan karena lebih ringkas. Cara yang ketiga ini digunakan untuk mengantisipasi editor dan web server yang tidak menerima kedua cara di atas. Selain itu kita juga bisa menggunakan cara penulisan ASP seperti pada cara 4, tetapi tentu saja ada beberapa konfigurasi yang perlu ditambahkan terlebih dahulu pada file configurasi PHP.

Sebelum melakukan proses coba-coba untuk menulis Script PHP, Anda harus installasi dulu server PHP pada komputer Anda yang nantinya akan mencari localhost, karena PHP ini tidak bisa langsung dijalankan seperti HTML. Software gratis PHP bisa Anda download di http://www.apachefriends.org/en/xampp-windows.html.

Dan nantinya Anda bisa tempatkan file PHP Anda di folder c:/xampp/htdocs/ lalu cara menjalankannya, buka browser Anda misalnya Mozilla Firefox ketikkan pada address browser seperti ini: http://localhost/namafilephpanda.php

Untuk menulis script PHP bisa menggunakan berbagai software PHP Editor yang banyak disebarkan secara gratis, tetapi jika Anda belum punya bisa menggunakan program Notepad yang biasanya sudah disertakan bersama installasi Windows. Contoh sederhana untuk latihan menulis PHP yang digabung dengan bahasa HTML:

<HTML>

<HEAD>

<TITLE>Latihan Script PHP bersama MMG Indonesia</Title>

</HEAD>

<BODY>

<?PHP

ECHO “Inilah halaman PHP yang pertama kali saya buat.”;

?>

</BODY>

</HTML>

Ketik baris-baris di atas pada program Notepad lalu di-save as dalam type All Files dengan nama latihan1.php tempatkan pada folder c:/xampp/htdocs/ Lalu jalankan dengan browser kesayangan Anda ketikkan pada address browser demikian http://localhost/latihan1.php

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: