Error Pada Pengiriman Email

Dalam script PHP dari MMG banyak yang ada fungsi pengiriman email. Fungsi-fungsi pengiriman email tersebut dipasang sebagai autoresponder atau pada fungsi kontak. Misalnya pengiriman email pada form kontak, pengiriman email autoresponder pada file join atau register, fungsi pengiriman email konfirmasi pada saat pengujung melakukan order produk.

Fungsi email tersebut jika dijalankan pada server localhost atau masih di komputer sendiri, maka akan tampak pesan eror seperti contoh ini:

Warning: mail() [function.mail]: Failed to connect to mailserver at “localhost” port 25, verify your “SMTP” and “smtp_port” setting in php.ini or use ini_set() in C:\xampp\htdocs\project\mlm10v21\function.php on line 422

Jika dalam script Anda muncul pesan seperti di atas pada saat setelah terjadi pengiriman email, maka jangan panik apalagi merasa bahwa scriptnya salah atau jelek. Justeru pesan tersebut menunjukkan kalau script Anda berjalan dengan baik.

Pesan tersebut mengindikasikan bahwa, proses pengiriman email gagal karena tidak ada koneksi ke mailserver. Yang artinya di komputer Anda memang tidak diinstall server email. Sehingga tidak ada fasilitas yang mendukung script untuk memancarkan email yang dikirim oleh script.

Jika script Anda tersebut diinstall pada webhosting atau server online yang telah disediakan support untuk server email, maka pesan error seperti di atas tidak akan muncul lagi.

Sebenarnya di localhost pun kita bisa menginstall server email yang akan membantu kita untuk melakukan uji coba di localhost, apakah email kita terpancar atau tidak. Kita bisa install server email seperti contohnya “ArGoSoft Mail Server”.

Jika kita menginstall server email seperti ArGoSoft Mail Server, maka pesan eror tersebut tidak akan tampak lagi meskipun masih di localhost. Dan hasil pengiriman email script tersebut bisa kita test dengan menggunakan OutLook Express atau Windows Mail pada Windows Vista.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: