Partisi Ulang Hardisk pada Windows

Mengatur ulang partisi hardisk yang sudah terinstall windows merupakan kebutuhan untuk berimprovisasi bila partisi hardisk yang sudah dibikin oleh vendor komputer kita tidak lagi sesuai kebutuhan kita. Seperti pengalaman saya, laptop yang saya beli dulu memiliki kapasitas hardisk 250 GB dengan drive system dibikin 50GB, dalam perjalan waktu banyak program yang diinstall pada drive logical C sebagai primary-nya, akhirnya cuma tersisa space di bawah 20 GB yang akan berakibat loading sangat lemot. Maka saya perlu memperbesar kapasitas drive C, yang berarti harus mengatur ulang partisi yang sudah ada. Kemana lagi tempat bertanya kalau bukan kepada paman google.  Akhirnya saya temukan software gratisan yang cukup simple cara kerjanya dan berbasis windows. Namanya Mini Tool Partition Wizard Home Edition, kebetulan saya pas unduh mencapai versi V 5.2

Anda yang pingin mencoba bisa download di SINI.

Langkah-langkah menggunakannya adalah:

  1. Download lalu install, ikuti saja aliran installasinya.
  2. Jalankan melalui start menu.
  3. Dalam jendela Mini Tool Partition Wizard akan ditampilkan keadaan partisi hardisk kita saat ini.
  4. Bila kita ingin mengubah ukuran partisi yang sudah ada, maka kendalanya adalah bila semua isi hardisk sudah tidak ada ruang lagi untuk melakukannya. Maka kita harus menghapus dulu salah satu partisi yang sudah ada.
  5. Backup dulu semua data penting, supaya bila terjadi hal yang tidak diinginkan, kita tidak kehilangan dia. Terutama pada drive logical yang akan kita hapus partisinya.
  6. Klik partisi drive yang akan kita hapus, misalnya F;
  7. Klik menu/icon Delete.
  8. Partisi drive F sudah hilang, dan dengan demikian kita memiliki ruang kosong untuk memperlebar drive logical lainnya, terutama drive C yang akan kita perluas.
  9. Klik drive C:
  10. Klik menu Move/Resize.
  11. Geser garis pada jendela program menuju ukuran yang kita inginkan. Bila kita akan menghapus drive F selamanya maka sisa space bisa kita habiskan, bila kita ingin agar drive F tetap ada, maka sisakan space sesuai keinginan kita.
  12. Bila kita hanya memperkecil drive F: maka klik drive F, lalu klik menu Create.
  13. Perhatikan pada jendela program pojok kiri bawah, kita punya 3 tugas yang dipending (1. Menghapus partisi, 2. Resize Partisi drive C, 3. Membikin partisi baru dengan nama drive F (atau sesuai keinginan kita, akan ditanya logical apa yang akan kita isikan).
  14. Klik button Aply.
  15. Tunggu Proses partisi ulang sampai tuntas.
  16. Jadi deh…

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: