Pengertian Ebook dan Cara Membuat Ebook

EBook adalah singkatan dari electronic book atau buku elektronik, nama lain yang sering digunakan adalah e-book  dan digital book. Sesuai dengan arti leksikal tersebut maka ebook tersebut berupa file document yang hanya bisa dibuka dengan piranti komputer (pc, laptop, pda, handphone) yang di dalamnya mendukung file tersebut.

File-file yang sering digunakan untuk pengemasan document tersebut sehingga bisa disebut ebook biasanya dalam format pdf, exe, doc, ppt, dan sebagainya. Yang lazim adalah pdf dan exe. Akan tetapi tidak semua file document yang berekstensi pdf atau exe disebut ebook. Seperti halnya banyak document manual / kertas yang tidak serta merta bisa disebut buku, ada yang disebut selebaran, brosur, pamflet, dan lain-lain. Maka file document  agar bisa disebut ebook tentunya harus memenuhi kaidah-kaidah penulisan buku dan tersusun dalam bentuk buku hanya saja tidak diwujudkan secara fisik (di-print).

Ebook berekstensi pdf (portable document format) adalah buku elektronik yang bisa dibuka dengan program-program pdf reader seperti adobe acrobat reader, foxit reader, dan semacamnya. Format pdf lebih banyak digunakan dalam pembuatan ebook karena file ini memang lebih praktis dan mudah dalam management pembuatannya. Kita dapat mengkonversi document word ke dalam pdf dengan adobe acrobat atau program lain.

Ebook berekstensi exe (executable) juga tidak kalah populernya dengan format pdf. Ebook berformat exe ini lebih praktis karena bisa running (dibuka) tanpa perlu program pendukung seperti pdf.

Anda yang ingin membuat Ebook dengan software gratisan yang full features termasuk pengaturan enkripsi di dalamnya, Anda bisa download di sini:

http://www.pdf995.com/download.html

Langkah-langkahnya adalah:

  1. Download Pdf995 Printer Driver
  2. Download Free Converter
  3. Download PdfEdit995
  4. Download Signature995
  5. Download Standard Encryption Module 2.0 yang lokasinya ada di : http://www.signature995.com/
  6. Install di komputer Anda dengan urutan seperti di atas no.1-5.
  7. Menyiapkan document yang akan kita jadikan file pdf, dalam dengan menggunakan MS-Word.
  8. Di sini Anda harus mengubah default printer dulu dengan cara buka Start Menu-Control Panel- Printer lalu pada jendela printer klik kanan driver PDF995-klik Set as Default Printer.
  9. Setelah document selesai diketik, buka program PDF Edit yang lokasinya ada di Start Menu-Software995-pdfedit995
  10. Klik menu Tab “Batch”
  11. Klik button “Add File”
  12. Pilih file document yang telah Anda siapkan
  13. Klik button “Batch print to default printer”
  14. Akan muncul pilihan pemberian nama untuk file yang akan dibuat.

File ebook dalam format PDF telah selesai dibuat. Untuk melakukan pengaturan enkripsi seperti pemberian password dan sebagainya, jalankan program: signature995 lalu PDF Right Management. (RM)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: