Backup Database Website (Penting Untuk Pemilik Website)

Ada satu hal penting yang harus diketahui dan dikuasai oleh pemilik website dinamis seperti yang menggunakan script dari MMG. Hal itu adalah mengenai pengelolaan database.  Ada customer yang komplain karena kehilangan database yang sudah terisi data-data penting, setelah server webhostingnya melakukan maintenance (memindahkan server dari USA ke IIX). Hal ini tentu kelalaian dari pihak webhosting yang memindahkan script yg ada tidak dengan databasenya.

Kalau hal ini dialami oleh pemilik website dengan data yg sudah banyak, tentu akan sangat dirugikan. Oleh sebab itu, kita sendiri harus antisipasi agar jika terjadi hal serupa atau hal lain seperti server terserang hacker dan kerusakan teknis lainnya kita tidak kehilangan data dan menjadi amat fatal.

Sebagai pemilik website, kita harus rajin melakukan backup database. Selain backup database, hal yang perlu dibackup adalah bagian-bagian yg ada hubungannya dengan script yang perubahannya kita lakukan secara online. Contohnya adalah gambar-gambar yang kita upload, atau file-file lain yang tidak ada pada script asli dari MMG.

Cara Backup Database.

Backup database kita lakukan sesering mungkin sesuai dengan perubahan database kita. Jika data selalu bertambah/berubah maka paling tidak 1 hari sekali kita lakukan backup. Langkah-langkah backup database:

  1. Masuk/login ke cpanel domain kita.
  2. Pada halaman utama CPanel, pilih menu “Backup”
Backup Database MySQL 

3. Pilih nama database yg akan kita backup.



4. Klik nama database tersebut lalu download/simpan di komputer kita.

5. Database tersebut akan tersimpan dalam type file sql.

6. Simpan dengan baik karena bersifat sangat rahasia.

%d blogger menyukai ini: