Mengenal Database MySQL

Pemrograman website dinamis tidak bisa dilepaskan dengan system penyimpanan dan pengolahan data atau singkatnya mau tidak mau harus berbasis database. MySQL adalah salah satu program aplikasi database yang bersifat RDMBS (Relational Database Management System) yakni aplikasi yang memungkinkan kita menerapkan program banyak relasi antar tabel data. MySQL adalah salah satu program open source yang sangat cocok dijodohkan dengan PHP, dimana MySQL bertugas untuk menyimpan data, dan PHP mendapat bagian sebagai perantara, pemikir, dan pelaksana agar data tersebut terhubung dengan interface hardware.

MySQL bisa kita install di komputer secara terpisah dengan PHP, tetapi sekarang kita sudah dimanjakan oleh berbagai penyedia software tersebut salah satunya yang menjadi favorit kami adalah keluaran Apachefriends, dimana program PHP, MySQL, dan PHPMyAdmin sudah dikemas dalam satu installasi yang bungkusnya diberi label XAMPP. Agar kita bisa menikmati sajian dari program2 tersebut tentu kita harus install dulu di komputer kita.

Setelah XAMPP terinstall jalankan web browser kesayangan Anda, misalnya FireFox seperti kesukaan kami, lalu tulis http://localhost/phpmyadmin, akan tampil seperti ini:

Untuk memulai membuat database, kita bisa isikan nama database yang kita inginkan pada isian “Create new database” pada contoh di atas kita isi lat1 maksud saya latihan1. Sintaksnya CREATE database nama_database;

Jika berhasil maka akan menampilkan hasil sebuah database yang nama tersebut akan tertampil di kolom sebelah kiri.

 

To be continue…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: