Koneksi Script dengan Database MySQL

Logo Database MySQL


Bagi yang ingin berkecimpung dalam bidang pemrograman website dengan PHP maka sudah menjadi wajib hukumnya untuk selalu berhubungan dengan database, dan yang paling kompatibel dengan ini adalah database MySQL. Database MySQL sudah lazim dipergunakan dalam penyimpanan data untuk website dinamis seperti PHP. PHP memiliki support yang sangat kaya bila dijadikan mediator antara interface website dengan database. Kami akan menyuguhkan beberapa fungsi yang sering dibutuhkan untuk pemrograman, mulai dari yang paling mendasar dan sederhana.

  • Fungsi mysql_connect dan mysql_select_db ;

Fungsi ini digunakan untuk membuat koneksi antara script PHP dengan database, maka ini adalah fungsi yang paling mendasar yang mesti ada pada script PHP yang menggunakan database. Sintaksnya adalah mysql_connect (“nama_server“, “username_database”, “password_database”) dan mysql_select_db (“nama_database“) Nama server adalah alamat atau nama server yang menjadi tempat database MySQL, biasanya diisi “localhost” meskipun ada juga yang memberikan alamat berbeda dengan itu. Sebelum mengisinya check dulu nama server database mysql pada cpanel hosting Anda. Username database adalah username yang kita buat untuk database tersebut, dibuat di CPanel hosting melalui menu “MySQL Database”.  Password database adalah password yang kita buat sama dengan proses membuat username database. Demikian juga dengan Nama Database kita buat di menu yang sama. Untuk username dan nama database yang kita buat di webhosting OS LINUX biasanya menjadi kombinasi antara nama yang kita buat dan username CPanel. Contohnya username CPanel kita “kedaiscript” dan kita membuat nama database “dataku”, hasilnya akan menjadi “kedaiscript_dataku“, demikian pula halnya dengan usernamenya, sedangkan untuk passwordnya akan tetap seperti yang kita buat tanpa tambahan apapun. Berikut ini contoh aplikasi koneksi database dengan fungsi di atas:

<?PHP
$dbname = "kedaiscript_data1";   //Diisi nama database Anda
$dbhost= "localhost"; //Host biasanya localhost.
$dbuser= "kedaiscript_user1";     //Username database Anda
$dbpass = "pasw123";        //Diisi password untuk database Anda.

  //Connect to database.
  $dbcon = mysql_connect ($dbhost,$dbuser,$dbpass) or die (mysql_error());
   mysql_select_db($dbname)  or die (mysql_error());
?>

Simpan dalam file PHP dan beri nama misalnya koneksidb.php, lalu include-kan file tersebut ke dalam setiap file php yang kita buat yang memerlukan koneksi database.

  • Fungsi mysql_query();

Fungsi mysql_query digunakan untuk mengirimkan permintaan tertentu ke database aktif/yang digunakan, untuk melakukan eksekusi tertentu sesuai dengan link_identifier. Sintaksnya adalah mysql_query(string $query[,string $link_identifier]); Query merupakan perintah sql, link_identifier berisi pengenal yang dihasilkan dari mysql_connect. Hasil dari mysql_query digunakan oleh fungsi mysql_fetch_array() untuk keperluan akses data. Digunakan oleh fungsi mysql_num_rows() untuk menghitung jumlah baris yang dihasilkan dari query “SELECT”. Dan menjadi perintah eksekusi langsung untuk query “DELETE”, “INSERT”, “UPDATE”.  Contoh aplikasi mysql_query.

<?PHP
include "koneksidb.php"; //koneksi ke database yg digunakan

 $sql=mysql_query("SELECT * FROM members WHERE activate='1' ORDER BY id ASC");
 //mengirim permintaan query ke database tabel member yang kondisi field active =1 diurutkan berdasarkan id secara Ascending

 $jumlah=mysql_num_rows($sql);
  //menghitung jumlah hasil permintaan di atas.

if($jumlah>0){
 while($rows=mysql_fetch_array($sql)){
  echo "$rows[nama]";
  //menampilkan data yang sesuai dengan permintaan.

 }
 }

 $sql="DELETE FROM member WHERE activate='0'";
 //mendeklarasikan permintaan menghapus ke tabel member yang kondisi field acitivate=0

 mysql_query($sql);
 //eksekusi permintaan query penghapusan.

?>

To be continue ...🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: