Makna Angka 11-11-11

Waktu 11 November 2011Histeria tanggal 11 bulan 11 tahun 2011 (11-11-11) terjadi di seluruh belahan dunia. Mereka mengisi dengan berbagai acara yang diharapkan akan mengesan sepanjang hayat para pelakunya. Seperti yang dilakukan Pasangan Kenny Vong dan Esther Wong saling berangkulan saat pernikahan mereka di Kuil Thean Hou, Kuala Lumpur, Malaysia; sepasang pengantin baru berjalan di bawah salju di Lapangan Merah, Moskow, Rusia; Pasangan Nicholas Lee dan Cassven Teh menerima berkah dari seorang Bikkhu di Kuil Thean Hou, Kuala Lumpur, Malaysia; dan sebagainya seperti dimuat di REUTERS.

 Sepertinya sudah menjadi latah bagi sebagian masyarakat dengan susunan tanggal-tanggal yang menampilkan angka istimewa seperti tahun lalu 10-10-10, atau sebelumnya yang tak kalah heboh pada tanggal 9-9-99 dan serentetan angka lainnya. Lalu apa makna angka tersebut? Sebenarnya tidak ada hal yang istimewa di balik angka 11-11-11, selain keistimewaan dari susunan angka itu sendiri. Keistimewaannya mungkin karena mudah diingat, selain itu tidak ada.

Tak bisa disangkal, banyak yang memanfaatkan susunan angka tersebut untuk membuat sensasi, kiranya tidak menjadi masalah sejauh sensasi moment saja. Menjadi masalah jika orang mulai mengkaitkan dengan hal-hal yang takhayul.

Mengapa saya menyebut takhayul (sesuatu yg ada dlm khayal belaka), alasannya:

  1. Penentuan waktu (tahun, bulan, tanggal, jam) adalah ditentukan oleh manusia, dan bersifat sangat relatif.
  2. Adanya perbedaan waktu di setiap tempat, di Jakarta sudah menunjukkan waktu 11-11-11, sementara di Papua sudah 12-11-11, belum lagi kalau penunjuk waktu yang kita gunakan (jam dinding kita) tidak tepat.
  3. Tidak ada setting yang menghubungkan antara angka 11-11-11 dengan alam semesta / makrokosmos, misalnya jika waktu menunjuk 11-11-11 lalu suatu alat pemicu mengubah sesuatu di alam semesta, yang ada justeru kebalikannya yakni karena adanya perputaran planet-planet maka manusia membuat alat untuk acuan penghitungan waktu (mungkin pembaca bingung memahami logika saya ini).

Maka keistimewaan dari waktu 11-11-11 juga sangat bersifat personal. Tergantung kita mengisi dengan acara apa saat itu, maka yang istimewa adalah acara tersebut karena bertepatan dengan waktu yang unik (jarang terjadi), akan tetapi sebenarnya jika direnungkan lebih jauh, setiap waktu adalah unik / tidak ada duanya.

Dengan begitu masihkah kita akan menjadi latah dengan berbagai kombinasi angka waktu di saat mendatang?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: