Cara Membuka dan Mengirim Email melalui Windows Mail

Cara Setting Windows Mail Pada Windows Vista atau Windows 7

 Untuk memudahkan dalam pengelolaan email, Windows telah menyediakan fasilitas yang secara otomatis sudah terinstall bersamaan dengan Installasi Windows. Pada versi lama, piranti lunak ini dikenal dengan nama Outlook Express. Tetapi pada Windows Vista dan sesudahnya Outlook Express sudah tidak ada lagi. Sebagai penggantinya adalah Windows Mail.

Fasilitas ini sungguh sangat bermanfaat untuk menerima dan mengirim email melalui computer kita tanpa berbasis web, cukup membutuhkan koneksi internet.

Berikut ini akan saya paparkan langkah praktis untuk melakukan pengaturan piranti lunak yang bernama Windows Mail untuk dapat kita ambil manfaatnya yang sungguh memanjakan kita. Syaratnya kita memiliki account email, seperti di Yahoo, Gmail, atau yang lain termasuk bila kita memiliki email di webhosting sendiri. Pada contoh ini saya akan memaparkan dengan menggunakan account email di Gmail.com

1. Buka program Windows Mail melalui Start button, dan jalankan Windows Mail, seperti ilustrasi di bawah ini:

2. Setelah Windows Mail terbuka, pilih menu Tools, lalu Sub menu “Accounts”.

3. Setelah terbuka dialog box untuk Accounts, klik button “Add” untuk membuat account baru.

4. Langkah berikutnya klik menu “E-Mail Account”. Lalu klik Next

5. Pada isian Display name isikan nama Anda, misalnya MyGmail, Lalu klik Next

6. Isikan nama/alamat email yang Anda miliki di gmail.com pada isian E-mail address. Lalu klik Next

7.  Pada dialog box berikutnya pastikan pada combo Incoming e-mail server type pada posisi POP3. Isikan pada Incoming mail (POP3 or IMAP) server: pop.gmail.com lalu pada Outgoing e-mail server (SMTP) name: smtp.gmail.com, lalu klik Next.

8. Pada langkah dialog box Internet Mail Logon pada isian E-mail username isikan nama/alamat email anda di gmail demikian juga pada isian passwordnya. Klik Next.

9. Langkah terakhir pada sesi ini akan ditampilkan Congralutations, klik Finish.

10. Pembuatan account untuk Windows Mail telah selesai pada sesi pertama, berikutnya pada menu Tools , buka kembali sub menu Accounts seperti pada langkah 2.

11. Pada dialog box Internet Account telah ditampilkan account baru yang baru saja kita buat dengan langkah-langkah di atas, pada contoh ini ditampilkan dengan nama pop.gmail.com. Aktifkan account tersebut dengan melakukan klik pada nama account tersebut, seperti pada ilustrasi di bawah ini. Kemudian klik tombol Properties.

12. Pada dialog box Properties, isikan Outgoing mail (SMTP) : 465 dan centang pada This server requires a secure connection (SSL).  Isikan Incoming mail (POP3) : 995 dan centang pada This server requires a secure connection (SSL). Klik OK.

13. Setting account sudah selesai, mari sekarang kita coba untuk menguji hasilnya. Koneksikan computer Anda ke jaringan internet melalui modem kesayangan Anda. Lalu pilih menu Tools>Send and Receive>pop.gmail.com (nama account) atau melalui menu icon seperti pada ilustrasi di bawah ini.

14. Jika pada langkah-langkah di atas tidak ada yang terlewati, maka kita akan melihat proses pengecekan email di gmail kemudian dilakukan proses pengambilan email untuk disimpan pada Windows Mail untuk kita kelola. Pada tampilan ilustrasi di bawah ini adalah contoh proses pengambilan email di gmail melalui Windows Mail. Tunggu sampai proses selesai.

15. Setelah proses pengambilan email selesai, maka akan tampil sejumlah email yang masuk ditunjukkan pada Local Folders-Inbox di bilah sisi kiri atas. Klik pada tulisan Inbox untuk melihat semua email yang masuk.

16. Pada bilah sisi kiri merupakan tampilan dari folder-folder email layaknya di email berbasis website seperti yahoo, gmail, dan sebagainya. Tentu kita bisa mengelolanya seperti menambah folder dan memindahkan, menghapus emal, dan lain-lain. Setelah klik Inbox maka pada sebelah kanan akan ditampilkan isi dari Inbox, berupa nama pengirim, judul email, tanggal penerimaan. Klik pada email yg diinginkan untuk membuka isi email tersebut. Isi email akan bisa kita baca pada bilah bagian bawah.

17. Untuk membalas email kita tinggal klik icon Reply, akan muncul box pengiriman email lalu tulis surat balasan dan klik Send.

Satu Tanggapan

  1. oceh banget.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: