Peresmian Aula PGRI Cabang Singosari Malang

Semua warga PGRI cabang Singosari memadati halaman belakang kantor UPTD Dinas Pendidikan Kecamatan Singosari yang juga menjadi halaman gedung/aula PGRI Cabang Singosari pada Rabu, 16 Mei 2012. Sambil menunggu kehadiran Bapak Bupati Malang yang akan meresmikan gedung tersebut, para anggota PGRI disuguhi penampilan tim qasidah dari SDN Ardimulyo 01. Para juara lomba menyanyi solo dalam rangka HAN juga ikut memeriahkan acara ini dengan menampilkan suara emas mereka.

Tepat pukul 10.00 WIB, Bapak Bupati Malang, H. Rendra Kresna berserta rombongan hadir yang disambut dengan tari Beskalan. Acara yang diselenggarakan pada siang hari yang cerah tersebut bertemakan Resepsi Peringatan Hardiknas 2012 dan Peresmian Aula PGRI ‘Ki Hajar Dewantara’. Aula gedung PGRI Cabang Singosari berhasil dibangun dengan dana swadaya dari anggota. Bangunan seluas 9,60 m x 17,25 m yang berlokasi tepat di belakang kantor UPTD  Dinas Pendidikan Kec. Singosari di Jalan Mondoroko Singosari Malang, menghabiskan dana sebesar Rp. 220.555.000,-. Dana tersebut dihimpun dari iuran suka rela warga PGRI Cabang Singosari, sumbangan KPRI Pergu Singosari, dan dana talangan koperasi Pergu.

Sesuai dengan Visi Kabupaten Malang ‘MADEP MANTEB’, pembangunan aula tersebut tidak akan terwujud jika tidak adanyaPhoto sikap kemandirian, maka sikap gotong royong dan kemandirian memang perlu diintensifkan, hal tersebut seperti yang disampaikan oleh Bupati Malang dalam pidato sambutannya. Bupati Malang juga akan mewujudkan distribusi guru secara merata di Kabupaten Malang yang berprinsip bahwa guru diupayakan bisa mengajar dekat dengan tempat tinggalnya. Sehingga meningkatkan efektifitas dan efisiensi, selain itu jika guru bertugas di sekolah yang dekat dengan tempat tinggalnya, maka guru tersebut bisa membina dan mengawasi murid dalam kehidupan di masyarakat.

Usai pidato sambutan Bupati Malang yang dilanjutkan dengan peresmian aula gedung PGRI yang ditandai dengan penandatanganan prasasti, acara diselingi dengan penampilan juara puisi dalam rangka HAN yang akan mewakili kecamatan Singosari dalam lomba tingkat Kabupaten.  Untaian puisi yang penuh makna tersebut dibacakan oleh Gabriel Delon yang merupakan pemenang lomba baca puisi dalam rangka HAN tingkat Kecamatan Singosari. Selingan dilanjutkan dengan kolaborasi tiga juara menyanyi solo Elga, Olivia, dan Saskia.

Usai acara pemotongan untaian bunga melati dan peninjauan aula gedung PGRI, para anggota PGRI mendapat pembinaan oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Malang Bpk. H. Edi Suhartono. Beliau yang baru beberapa bulan menjabat Kepala Dinas Pendidikan, pada kesempatan ini sekaligus digunakan sebagai perkenalan dan penyampaian visi dan misi pendidikan Kabupaten Malang ke depan.

Adapun beberapa program yang akan diwujudkan di Kabupaten Malang antara lain;

  • Peningkatan kompentensi guru melalui program pengayaan/upgrade/inservice trainning. Para guru yang sudah mendapatkan tunjangan sertifikasi harus menyisihkan 10% dari tunjangannya untuk peningkatan kompetensi diri, agar semakin mampu berdaya saing.
  • Peningkatan karakter kebangsaan, kebanggaan terhadap bangsa sendiri, misalnya dengan berbagai program mulai dari yang sederhana membuat semboyan-semboyan yang ditulis dalam buku siswa untuk meningkatkan semangat kebangsaan, contoh lain siswa bisa lulus jika salah satu syarat dipenuhi yakni hapal Pancasila dan Lagu Indonesia Raya.
  • Menerapkan model evaluasi assesment  authentic. Penilaian asli berdasarkan nilai harian, bukan dengan sistem ulangan berkala, yang dalam taraf tertentu tidak asli dan kurang baik.
  • Mewujudkan Pendidikan Ramah Lingkungan: lingkungan alam, lingkungan sosial budaya,  lingkungan sosial ekonomi, lingkungan pembelajaran.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: