Hari Ulang Tahun GOOGLE

Hari Ulang Tahun Google 2012

           Hampir setiap hari saya mengadakan kontak person dengan Google, ketika sedang teringat sesuatu dan ingin tahu lebih lanjut, ketika berada di  kantor ada teman yang bertanya sesuatu dan saya tidak tahu, ketika berada di depan kelas dan kebingungan tentang sesuatu, ketika anak saya minta dicarikan gambar untuk tugas sekolahnya, ketika…, ketika…, dan barisan ketika berikutnya. Google selalu menjadi andalan saya dalam menemukan banyak hal yang saya tidak ketahui. Maka tidak perlu menjadi munafik untuk mengatakan bahwa Google telah menjadi bagian dari keseharian saya. Bagaimana dengan Anda?

           Google saat ini memang menjadi mesin pencari yang dipakai oleh banyak orang, selain itu, Google juga menyediakan berbagai fasilitas seperti Gmail, Youtube, Adwords, Android, dan banyak lagi. Google yang merupakan salah satu perusahaan publik di Amerika Serikat ini didirikan oleh Larry Page dan Sergey Brin ketika mereka masih menjadi mahasiswa di Universitas Stanford. Dengan lika-liku yang panjang Google Inc. yang dirintis sejak 19 Agustus 2004 mengalami perkembangan dan berbagai perubahan hingga menjadi seperti sekarang ini. Menurut Wikipedia Google baru resmi menjadi perusahaan pada 4 September 1998. Google menetapkan hari lahirnya dengan tanggal 7 September, dan pada tahun 2012 ini genap berusia 14 tahun. Memang Google telah beberapa kali merubah hari jadinya. Yang pada mulanya ditetapkan tanggal 7 September kemudian pada tahun 2002 saya lihat hari jadinya diubah menjadi tanggal 27 September. Pada tahun 2003 kembali lagi ke tanggal 7 September.  Tiga tahun kemudian tepatnya tahun 2005, Google mengubah lagi hari jadinya dengan tanggal 27 September.

Google 4 Tahun 2002

Google 4 Tahun 2002

Setelah saya telusuri ternyata saya mendapatkan informasi alasan Google sampai saat ini memilih tanggal 27 September adalah karena pada tanggal itu Google telah mencatatkan recordnya sebagai search engine yang paling banyak menghimpun informasi di databasenya.

Kata GOOGLE sampai sekarang ini masih terlihat asing dalam arti dicari di kamus apa pun akan sulit ditemukan arti kata tersebut. Kata Google berasal dari kata googol. Kata google ini berhasil diciptakan oleh Milton Sirotta, keponakan Edward Kasner, seorang ahli matematika dari AS. Sirotta membuat istilah googol untuk menyebutkan angka satu (1) yang diikuti 100 angka nol (0). Suatu bilangan yang sangat banyak nilainya, dengan ini google mempunyai visi bahwa ia ingin menyediakan berbagai informasi dan berbagai hal yang tak terbatas jumlahnya.

Ketika saya telusuri di http://whois.domaintools.com, Google ternyata terdaftar di dunia maya sejak 15 September 1997 dan akan expire pada tanggal 13 September 2020, itu artinya jika tanggal tersebut tidak dilakukan renewal, maka kita tidak akan bisa lagi menggunakan google.com.

Pada kesempatan ini, saya turut mengucapkan Selamat Ulang Tahun pada GOOGLE, semoga panjang umur, selalu sehat, sejahtera, dan enteng jodoh.🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: