Pada Siapa Rakyat Harus Mengadu

Beberapa tahun yang lalu, teman yang bekerja di negeri jiran, Malaysia bercerita, jika di sana ada proyek pembangunan penggalian jalan, hal itu dilakukan pada malam hari atau di luar waktu-waktu sibuk pengguna jalan, dan pagi harinya sudah ditutup rapi kembali, bisa untuk lalu-lintas dengan aman lagi. Soal benar tidaknya saya sendiri belum pernah membuktikan sendiri. Tapi jika memang terjadi demikian, itu sungguh mengagumkan dan patut dicontoh.

Saya menjumpai proyek yang bersifat profit oriented, penggalian jalan untuk menanam pipa air dari PDAM di kota saya, sungguh berbeda jauh dengan cerita di atas. Penggalian dilakukan sepanjang jalanan sampai berhari-hari masih terbuka, baru beberapa waktu kemudian ditanam pipa, setelah itu masih menunggu beberapa minggu, bahkan beberapa bulan baru ditutup dengan aspal kembali, dan lagi kwalitas aspalnya sangat memprihatinkan, karena sangat buruk, ketika tergerus air hujan segera hanyut dan jalan menjadi penyok kembali.

Masyarakat kita memang sangat baik dan toleran, tidak pernah terdengar ada yang menuntut dengan keadaan seperti itu. Lantas siapa sebenarnya yang harus bertanggung jawab dengan sistem seperti itu. Sebab keadaan jalanan sangat membahayakan para pengguna jalan ketika terkena proyek semacam itu. Tidak bisakah dikerjakan dengan cara setiap ruas tertentu selesai, langsung ditutup finishing sempurna kembali, baru membuka ruas berikutnya.

Penggalian jalan yang membahayakan keselamatan pengguna jalan

Penggalian ini dilakukan sepanjang proyek, lalu menunggu berhari-hari baru diisi pipa

Penggalian jalan yang membahayakan keselamatan pengguna jalan

Sudah berhari-hari tidak juga segera diaspal lagi

Penggalian jalan yang membahayakan keselamatan pengguna jalan

Sesudah diisi pipa, berminggu-minggu masih tetap dibiarkan terbuka

Penggalian jalan yang membahayakan keselamatan pengguna jalan

Lubang-lubang seperti ini sudah 6 bulan lebih, keadaannya masih tetap sama

Mohon perhatian dari pihak-pihak terkait seperti dinas bina marga dan perusahaan sendiri, sebelum memakan korban pengguna jalan. Dan di domain ini juga bisa menjadi peluang bagi para Caleg untuk menarik perhatian masyarakat dan menghimpun calon suara.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: