Cara Mengisi – Charge – Cas – Baterai HP Baru

Kadang ketika membeli gadget baru termasuk laptop, pembeli diberi petuah oleh penjual supaya mengisi baterai dalam waktu 4 jam atau lebih. Bagaimana yang benar? Berikut ini saya sharingkan pengalaman memelihara baterai HP yg sdh sy pakai selama 5 tahun tapi masih bisa bertahan 2 hari lebih dalam penggunaan normal (telp dn sms).

Ketika pertama kali dicharge memang sebaiknya HP / Laptop dalam keadaan OFF, dengan tujuan pengisian dapat lebih cepat. Tidak harus 4 – 6 jam. Cukup setelah indikator baterai full segera hentikan. Karena kalau sudah full dan tetap di-charge maka akan mengakibatkan overheat, baterai akan panas dan merusak sel.
Harus diisi sampai penuh, karena agar semua sel baterai Lithium terisi dan berfungsi secara optimal

Untuk penge-charge-an berikutnya lakukan ketika baterai belum benar2 habis, jangan biarkan baterai sampai 0%, karena akan membuat usia baterai menjadi tdk panjang. Apakah untuk setiap kali charge baterai harus dimatikan? HP/Laptop tdk harus dimatikan, akan tetapi saya anjurkan jika sedang charge sebaiknya HP  dimatikan (OFF) agar baterai tdk mengalami panas yg berlebihan.

Jangan menyalakan wifi/GPS/Bluetooth jika tdk digunakan, karena dlm keadaan nyala / on, fitur tersebut akan terus beraktivitas yg membutuhkan energi banyak sehingga baterai cepat habis. Jika memasuki daerah yang berada di luar kawasan signal, sebaiknya Gadget di-offline-kan atau dimatikan saja, karena dia akan terus mencari sinyal / searching yang membuat baterai juga boros. Dalam keadaan Anda istirahat (tidur) matikan saja HP Anda, selain bisa mengganggu istirahat Anda, biarkan baterai juga mengalami istirahat/pendinginan.

.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: