Menghapus Folder Windows.old Setelah Install Ulang

Salah satu hal yang dilakukan oleh Microsoft corp adalah melakukan inovasi terhadap software produk andalannya yakti operating system windows, dimana pada saat tulisan ini diturunkan sudah sampai release windows 10. Selain sebagai salah satu teknik marketing, tentu juga memang bertujuan untuk melakukan inovasi dan improvisasi terhadap produknya agar para pelanggan tetap menggunakan produk-produknya dan tidak kecewa.

Tentu kita juga tergoda untuk selalu melakukan upgrade mengikuti perkembangan OS Windows tersebut.  Salah satu cara mengikuti perkembangan OS Windows adalah dengan cara upgrade full install tanpa format hardis terlebih dahulu. Dengan cara install ulang ini, maka di hardisk akan tertinggal suatu folder dengan nama Windows.old atau pun Windows.old000 jika install ulangnya lebih dari satu kali karena gagal atau hal lain.

Isi folder baru bernama Windows.old tersebut adalah  Windows,  Documents and Settings,  dan Program Files Folder dari windows sebelumnya. Folders yang berisi files tersebut tentu makan space banyak. Jika kita tidak ingin mempertahankannya karena sudah tidak terpakai maka bisa dihapus. Caranya bisa langsung dihapus dengan tekan tombol Delete pada keyboard kita. Kalau sulit bisa dengan program lainnya. Tetapi jika telah mempergunakan berbagai software untuk penghapus folder tidak bisa dilakukan maka bisa menggunakan alternatif seperti yang saya uraikan di bawah ini. Biasanya folder windows.old tidak bisa dihapus jika kita menginstall ulang windows yang sama, misalnya karena kerusakan yang menyebabkan kita harus menginstall versi windows yang sama.

Berikut caranya:

  1. Click Start, jalankan Command Prompt as Administrator.
  2. Ketikkan:
    takeown /F C:\Windows.old\* /R /A
    keterangan: takeown[spasi]/F[spasi]C:\Windows.old\*[spasi]/R/A lalu enter (tunggu program berjalan sampai selesai dan menampilkan command prompt lagi)
  3. Ketikkan:
    cacls C:\Windows.old\*.* /T /grant administrators:F
    keterangan:
    cacls[spasi]C:\Windows.old\*.*[spasi]/T/grant[spasi]administrators:F lalu enter (tunggu program berjalan sampai selesai dan menampilkan command prompt lagi).
  4. Setelah muncul command prompt berikutnya, ketikkan:
    rmdir /S /Q C:\Windows.old\
    lalu enter. Maka windows.old yang bandel tersebut akan terhapus.

Selamat Mencoba!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: